Langsung ke konten utama

Analisis Sistem & Teknik Pengumpulan Data


            Analisis Sistem & Teknik Pengumpulan Data


Definisi Analisis Sistem
Untuk mencapai tujuan dari suatu sistem yang dibuat, dibutuhkan 3 perangkat atau alat bantu yang dapat meningkatkan kinerja dari sebuah sistem sehingga tujuan dari sistem tersebut dapat tercapai.

Tiga perangkat tersebut mliputi: perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan perangkat manusia (brainware). Perangkat keras dapat berupa computer, sedangkan perangkat lunak adalah program. Perangkat manusia dapat berupa manajer, analisis sistem, programmer dan sebagainya. Pokok bahasan dalam pembahasan ini akan di tekankan ada seorang Analis Sistem.

Ada beberapa pengertian tentang analis sistem, yaitu:
a.   Seseorang yang mempunyai kemampuan untuk menganalisa sebuah sistem. Analisa tersebut meliputi mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai sistem.
b.  Seorang yang mempunyai pengetahuan tentang aplikasi computer yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah bisnis dan masalah-masalah lainnya.
c.  Seseorang yang mempunyai kemampuan untuk memilih alternative pemecahan masalah yang paling tepat.
d.  Seseorang yang mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan menerapkan rancangan sistemnya sesuai dengan permasalahan yang terjadi.

Adapun tugas-tugas umum yang dilakukan oleh seorang analisis sistem adalah:
a.  Mengumpulkan dan menganalisa segala dokumen-dokumen, file-file, formulir-formulir yang digunakan pada sistem yang telah berjalan.
b.    Menyusun laporan dari sistem yang telah berjalan dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan apa saja yang ada pada sistem tersebut dan selanjutnya melaporkan segala kekurangan tersebut kepada pemakai sistem.
c.      Merancang perbaikan-perbaikan pada sistem tersebut dan menyusun sistem baru.
d.   Menganalisa dan menyusun perkiraan biaya yang diperlukan untuk sistem yang baru dan memberikan argument tentang keuntungan-keuntungan apa saja yang dapat diperoleh dari pemakaian sistem yang baru.
e.     Mengawasi segala kegiatan yang ada terutama berkaitan dengan penerapan sistem yang baru.

ANALISA SISTEM MENURUT PARA AHLI
  1. Menurut Mc Leod :Analisa Sistem Adalah Suatu studi dari sistem yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau memperbaiki kekurangan dari sistem yang telah ada.
  2. Menurut  Pressman : Analisa Sistem Adalah Kegiatan menemukan atau mengidentifikasikan masalah, mengevaluasi, membuat model serta membuat spesifikasi sistem.
  3. Menurut  Yourdan : Analisa Sistem Adalah Suatu kegiatan mentransformasikan dua masukan utama, yaitu kebijaksanaan pemakai dan anggaran proyek kedalam spesifikasi yang terstruktur. Kegiatan tersebut melibatkan alat dan model diagram aliran data, diagram antar entitas dan komunikasi data.
  4. Analisa Sistem Secara Umum :adalah Memandang, Pengamatan dan menyimpulkan konsep sistem berdasarkan Sistem Informasi secara fisik dan konseptual.

Langkah-Langkah Analisis Sistem


Langkah-langkah dalam tahap analisa sistem hampir sama dengan yang akan langkah-langkahyang dilakukan dalam mendefinisikan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan di tahap perencanaan sistem. Perbedaannya terletak pada ruang-lingkup tugasnya. Di analisa sistem, ruang lingkup tugasnya adalah lebih terinci. Di analisa sistem ini, penelitian yang dilakukan oleh analis sistem adalah penelitian terinci, sedang di perencanaan sistem sifatnya hanya penelitian pendahuluan

Di dalam tahap analisa sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh analis sistem, sebagai berikut:
  1. Identify, yaitu mengidentifikasikan masalah
  2. Understand, yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
  3. Analyze, menganalisis sistem
  4. Report, yaitu membuat laporan hasil analisis.


Teknik Pengumpulan Data

Hal pertama dalam analisis sistem adalah melakukan pengumpulan data. Ada beberapa teknik pengumpulan data yang sering dilakukan yaitu sebagai berikut :

1. Teknik Wawancara
Teknik Wawancara
Teknik Wawancara


Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mempunyai beberapa keuntungan sebagai berikut.
·                     Lebih mudak dalam menggali bagian sistem mana yang dianggap baik dan bagian mana yang dianggap kurang baik.
·                     Jika ada bagian tertentu yang menurut anda kurang digali lebih dalam, anda langsung menyatakan kepada narasumber.
·                     Dapat menggali kebutuhan user secara lebih luas.
·                     User dapat mengungkapkan kebutuhannya secara lebih bebas
Selain mempunyai beberapa kelebihan tersebut, teknik wawancara juga mempunyai beberapa kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari teknik wawancara.
·                     Wawancara akan sulit dilakukan jika narasumber kurang dapat mengngkapkan kebutuhannya.
·                     Pertanyaan dapat menjadi tidak terarah, terlalu fokus pada hal-hal tertentu dan mengabaikan bagian lainnya.
Berikut ini adalah beberapa panduan dalam melakukan kegiatan wawancara agar memperoleh data yang diharapkan.
·                     Buatlah jadwal wawancara dengan narasumber dan beritahukan maksud dan tujuan wawancara.
·                     Buatlah panduan wawancara yang akan anda jadikan arahan agar pertanyaan dapat fokus kepada hal-hal yang dibutuhkan.
·                     Gunakan pertanyaan jelas dan mudah dipahami.
·                     Cobalah untuk menggali mengenai kelebihan dan kekurangan sistem yang telah berjalan sebelumnya.
·                     Anda boleh berimprovisasi dengan mencoba menggali bagian-bagian tertentu yang menurut Anda penting.

2. Teknik Observasi
Teknik Observasi
Teknik Observasi


Pengumpulan data dengan menggunakan observasi mempunyai keuntungan yaitu
·                     Analisis dapat melihat langsung bagaimana sistem lama berjalan.
·                     Mampu menghasilkan gambaran lebih baik jika dibandingkan dengan teknik lainnya.
Sedangkan kelemahan dengan menggunakan teknik observasi adalah
·                     Membutuhan waktu cukup lama karena jika observasi waktunya sangat terbatas maka gambaran sistem secara keseluruhan akan sulit diperoleh.
·                     Orang-orang yang sedang diamati biasanya perilakunya akan berbeda dengan perilaku sehari-hari (cenderung berusaha terlihat baik). Hal ini akan menyebabkan gambaran yang diperoleh selama observasi akan berbeda dengan perilaku sehari-hari.
·                     Dapat menggangu pekerjaan orang-orang pada bagian yang sedang diamati.
Berikut ini adalah beberapa petunjuk untuk melakukan observasi
·                     Tentukan hal-hal apa saja yang akan diobservasi agar kegiatan observasi menghasilkan sesuai dengan yang diharapkan.
·                     Mintalah izin kepada orang-orang yang berwenang pada bagian yang akan diobservasi.
·                     Berusaha sedikit mungkin agar tidak menggangu pekerjaan orang lain.
·                     Jika ada yang Anda tidak mengerti, cobalah bertanya. Jangan membuat asumsi sendiri.

3. Teknik Kuisioner
 
Teknik Kuisioner
Teknik Kuisioner
Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner mempunyai keuntungan yaitu
·                     Hasilnya lebih objektif, karena kuisioner dapat dilakukan kepada orang banyak sekaligus.
·                     Waktunya lebih singkat.
Sedangkan kelemahan pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner adalah sebagai berikut
·                     Responden cenderung malas untuk mengisi kuisioner.
·                     Sulit untuk membuat pertanyaan yang singkat, jelas, dan mudah dipahami.
Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat kuisioner menghasilkan data yang baik
·                     Hindari pertanyaan isian, lebih baik pilihan ganda, karena responden biasanya malas untuk menulis banyak, dan jika reponden menuliskan sesuatu sering kali susah untuk dipahami. Dan juga dengan pertanyaan pilihan ganda, akan memudahkan Anda untuk melakukan rekapitulasi data hasil kuisioner.
·                     Buatlah pertanyaan yang tidak terlalu banyak.
·                     Buatlah pertanyaan singkat, padat, dan jelas.




Daftar Pustaka:
Kristanto, Andri . (2018). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasnya (Edisi Revisi).Yogyakarta: Penerbit Gava Media.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Travel Agent Recommended di Cirebon

Travel Agent Recommended di Cirebon Your Trusted Travel Partner PT. Tujuh Garis Wisata (7Lines Holiday) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang biro perjalanan wisata yang meliputi sarana wisata, objek dan daya tarik wisata dan jasa pariwisata lainnya yang berada di wilayah Indonesia dalam bentuk paket wisata. 7Lines Holiday menyelenggarakan dan menjual paket wisata, dan juga penjualan tiket pesawat. Perusahaain ini dibentuk pada tanggal 3 Januari 2014, dengan nama TUJUH GARIS WISATA. Sebagai perusahaan baru, 7Lines Holiday terus bekerja, belajar untuk meningkatkan mutu pekerjaan yang lebih baik, tepat waktu dan dengan kualitas produk yang lebih baik pula. Dan selalu berusaha untuk menciptakan pelayanan yang baik dan dapat diterima oleh semua pihak dan instansi terutama masyarakat, tentunya didukung oleh tenaga yang profesional menjadikan perjalanan kalian lebih menyenangkan dan nyaman. Alamat: Jalan Sultan Ageng Tirtayasa. Komplek Kedawung Regen

Konsep Dasar Sistem Dan Informasi

KONSEP DASAR SISTEM DAN INFORMASI Suatu sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau meyelesaikan suatu sasaran tertentu. Prosedur adalah suatu urutan operasi tulis-menulis dan biasanya melibatkan beberapa orang didalam satu atau lebih departemen yang diterapkan, untuk menjamin penanganan yang seragam dan transaksi-transaksi bisnis yang terjadi. Suatu sistem yang baik harus mempunyai tujuan dan sasaran yang tepat karena hal ini akan sangat menentukan dalam mendefinisikan masukan yang dibutuhkan sistem dan juga keluaran yang dihasilkan.   Konsep Dasar Sistem Sistem juga merupakan kumpulan elemen-elemen yang saling terkait dan bekerja sama untuk memproses masukan (input) yang ditujukan kepada system tersebut dan mengolah masukan tersebut sampai menghasilkan keluaran (output) yang diinginkan 1.1                Elemen Sistem Gambar 1.1 Elemen-elemen sistem

Rodeos Cirebon

Mohon Tunggu, Akan Mengarahkan ke whatsapp