Langsung ke konten utama

Konsep Dasar Sistem Dan Informasi


KONSEP DASAR SISTEM DAN INFORMASI


Suatu sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau meyelesaikan suatu sasaran tertentu.

Prosedur adalah suatu urutan operasi tulis-menulis dan biasanya melibatkan beberapa orang didalam satu atau lebih departemen yang diterapkan, untuk menjamin penanganan yang seragam dan transaksi-transaksi bisnis yang terjadi.

Suatu sistem yang baik harus mempunyai tujuan dan sasaran yang tepat karena hal ini akan sangat menentukan dalam mendefinisikan masukan yang dibutuhkan sistem dan juga keluaran yang dihasilkan.


  1.  Konsep Dasar Sistem

Sistem juga merupakan kumpulan elemen-elemen yang saling terkait dan bekerja sama untuk memproses masukan (input) yang ditujukan kepada system tersebut dan mengolah masukan tersebut sampai menghasilkan keluaran (output) yang diinginkan



1.1               Elemen Sistem

Gambar 1.1 Elemen-elemen sistem

·        Tujuan Sistem
merupakan tujuan dari sistem tersebut dibuat.
·        Batasan Sistem
Merupakan suatu yang membatasi system dalam mencapai tujuan system. Batasan system dapat berupa peraturan-peraturan yang ada dalam suatu oraganisasi, biaya-biaya yang dikeluarkan, dan lain-lain.
·        Kontrol Sistem
Pengawasan terhadap pelaksanaan pencapaian tujuan dari sistem tersebut. Dapat berupa kontrol terhadap pemasukan data (input), pengolahan data (proses), umpan balik dan sebagainya.
·       Input
Merupakan elemen dari sistem yang bertugas untuk menerima seluruh masukan data, dimana masukan tersebut dapat berupa jenis data, frekuensi pemasukan data dan sebagainya.
·       Proses
Elemen yang bertugas untuk mengolah atau memproses seluruh masukan data menjadi suatu informasi yang berguna.
·       Output
Merupakan hasil dari input yang telah diproses oleh bagian pengolah dan merupakan tujuan akhir dari sistem. Output dapat berupa laporan grafikm diagram batang dan sebagainya.
·       Umpan Balik
Elemen yang bertugas mengevaluasi bagian dari output yang dikeluarkan, dimana elemen ini saangat penting demi kemajuan sistem. Umpan balik ini dapat merupakan perbaikan sistem, pemeliharaan sistem dan sebagainya.

1.2               Klasifikasi Sistem
Dari berbagai sudut pandang, sistem dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bagian yaitu:
a.       Sistem Abstrak dan Sistem Fisik
·       Sistem Abstrak
Merupakan sistem yang tidak dapat dilihat secara mata biasa dan biasanya sistem ini berupa pemikiran atau ide-ide.
Contoh: Filsafat.
·       Sistem Fisik
Merupakan sistem yang bias dilihat secara mata biasa dan biasanya sering digunakan oleh manusia.
Contoh: Sistem Akuntansi, Sistem Komputer dan sebagainya.
b.      Sistem Alamiah dan Sistem Buatan
·       Sistem Alamiah
Merupakan sistem yang terjadi karena pengaruh alam.
Contoh: Sistem rotasi bumi, Sistem Gravitasi dan sebagainya.
·       Sistem Buatan
Merupakan sistem yang dirancang dan dibuat oleh manusia.
Contoh: Sistem Pengolahan Gaji.
c.       Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka
·       Sistem Tertutup
Merupakan sistem yang tidak berhubungan dengan bagian luar sistem dan biasanya tidak terpengaruh kondisi sistem luar
·       Sistem Terbuka
Merupakan sistem yang berhubungan dengan bagian sistem luar.

1.3               Analisis Sistem
Untuk mencapai tujuan dari suatu sistem yang dibuat, dibutuhkan 3 perangkat atau alat bantu yang dapat meningkatkan kinerja dari sebuah sistem sehingga tujuan dari sistem tersebut dapat tercapai.

Tiga perangkat tersebut mliputi: perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan perangkat manusia (brainware). Perangkat keras dapat berupa computer, sedangkan perangkat lunak adalah program. Perangkat manusia dapat berupa manajer, analisis sistem, programmer dan sebagainya. Pokok bahasan dalam pembahasan ini akan di tekankan ada seorang Analis Sistem.

Ada beberapa pengertian tentang analis sistem, yaitu:
a.   Seseorang yang mempunyai kemampuan untuk menganalisa sebuah sistem. Analisa tersebut meliputi mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai sistem.
b.    Seorang yang mempunyai pengetahuan tentang aplikasi computer yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah bisnis dan masalah-masalah lainnya.
c.  Seseorang yang mempunyai kemampuan untuk memilih alternative pemecahan masalah yang paling tepat.
d.  Seseorang yang mempunyai kemampuan untuk merencanakan dan menerapkan rancangan sistemnya sesuai dengan permasalahan yang terjadi.

Adapun tugas-tugas umum yang dilakukan oleh seorang analisis sistem adalah:
a.  Mengumpulkan dan menganalisa segala dokumen-dokumen, file-file, formulir-formulir yang digunakan pada sistem yang telah berjalan.
b.    Menyusun laporan dari sistem yang telah berjalan dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan apa saja yang ada pada sistem tersebut dan selanjutnya melaporkan segala kekurangan tersebut kepada pemakai sistem.
c.      Merancang perbaikan-perbaikan pada sistem tersebut dan menyusun sistem baru.
d.   Menganalisa dan menyusun perkiraan biaya yang diperlukan untuk sistem yang baru dan memberikan argument tentang keuntungan-keuntungan apa saja yang dapat diperoleh dari pemakaian sistem yang baru.
e.     Mengawasi segala kegiatan yang ada terutama berkaitan dengan penerapan sistem yang baru.


Tugas Mata Kuliah Analisa Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek
Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC)
2019


Daftar Pustaka:
Kristanto, Andri . (2018). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasnya (Edisi Revisi).Yogyakarta: Penerbit Gava Media.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Travel Agent Recommended di Cirebon

Travel Agent Recommended di Cirebon Your Trusted Travel Partner PT. Tujuh Garis Wisata (7Lines Holiday) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang biro perjalanan wisata yang meliputi sarana wisata, objek dan daya tarik wisata dan jasa pariwisata lainnya yang berada di wilayah Indonesia dalam bentuk paket wisata. 7Lines Holiday menyelenggarakan dan menjual paket wisata, dan juga penjualan tiket pesawat. Perusahaain ini dibentuk pada tanggal 3 Januari 2014, dengan nama TUJUH GARIS WISATA. Sebagai perusahaan baru, 7Lines Holiday terus bekerja, belajar untuk meningkatkan mutu pekerjaan yang lebih baik, tepat waktu dan dengan kualitas produk yang lebih baik pula. Dan selalu berusaha untuk menciptakan pelayanan yang baik dan dapat diterima oleh semua pihak dan instansi terutama masyarakat, tentunya didukung oleh tenaga yang profesional menjadikan perjalanan kalian lebih menyenangkan dan nyaman. Alamat: Jalan Sultan Ageng Tirtayasa. Komplek Kedawung Regen

Rodeos Cirebon

Mohon Tunggu, Akan Mengarahkan ke whatsapp