Langsung ke konten utama

Konsep Dasar Sistem Informasi


33.       Konsep Dasar Sistem Informasi

Sistem Informasi merupakan suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam suatu organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi.

3.1               Komponen Sistem Informasi

Secara rinci komponen-komponen sistem informasi dapat dijelaskan sebagai berikut:
a.       Input
Input disini adalah semua data yang dimasukkan ke dalam sistem informasi. Dalam hal ini yang termasuk dalam input adalah dokumen-dokumen., formulir-formulir dan file-file. Dokumen-dokumen tersebut dikumpulkan dan dikonfirmasikan ke suatu bentuk sehingga dapat diterima oleh pengolah yang meliputi:
·      Pencatatan
·      Penyimpanan
·      Pengujian
·      Pengkodean
b.       Proses
Proses merupakan prosedur yang akan memanipulasi input yang kemudian akan disimpan dalam bagian basis data dan seterusnya akan diolah menjadi suatu output yang akan digunakan oleh si penerima. Komponen ini dalam tugasnya akan merubah segala masukan menjadi keluaran yang terdiri dari:
·      Manusia
·      Metode dan prosedur
·      Peralatan Komputer
·      Penyimpanan Data
c.       Output
Output merupakan semua keluaran atau hasil dari model yang sudah diolah menjadi suatu informasi yang berguna dan dapat dipakai penerima.
d.       Teknologi
Teknologi disini merupakan bagian yang berfungsi untuk memasukkan input, mengolah input dan menghasilkan keluaran. Ada 3 bagian dalam teknologi ini yang meliputi perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat manusia.
e.       Basis Data
Basis data merupakan keumpulan data-data yang saling berhubungan satu  dengan yang lain yang disimpan dalam perangkat keras koputer dan akan diolah menggunakan perangkat lunak.
f.        Kendali
Kendali dalam hal ini merupakan semua tindakan yang diambil untuk menjaga sistem informasi tersebut agar bisa berjalan dengan lancer dan tidak mengalami gangguan. Komponen ini sangat penting agar sistem secara keseluruhan memiliki validasi dan integritas yang tinggi. Komponen kendali diperlukan terhadap: backup file, reindexing, pengujian kebenaran data tiap entry yang dilakukan.

3.2               Manfaat Sistem Informasi
Adapun manfaat dari sistem informasi adalah sebagai berikut:
a.       Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau layanan mereka.
b.       Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
c.       Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk mempertahankan persediaan pada tingkat paling rendah agar konsisten dengan jenis barang yang tersedia.

3.3               Pemakai Sistem Informasi
Sebagian besar sistem informasi berlandaskan computer terdapat dalam suatu organisasi dalam berbagai jenis. Anggota organisasi adalah pemakai informasi yang dihasilkan sistem tersebut termasuk manajer yang bertanggung jawab atas pengalokasian sumber daya untuk pengembangan dan pengoperasian perusahaan.

3.4               Sumber Daya Sistem Informasi
Istilah sistem informasi dan teknologi informasi  masih bayak dibaurkan oleh orang-orang tanpa tahu perbedaan mendasar dari kedua istilah. Teknologi informasi merupakan perkembangan dari teknologi computer yang dipadukan dengan teknologi telekomunikasi. Definisi ‘informasi’ itu sendiri adalah ‘hasi dari pengolahan data’ yang secara prinsip mempunyai nilai lebih dari pada data mentah.

Teknologi informasi dapat dikatakan sebuah suatu teknologi yang berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi dan proses penyaluran informasi tersebut dalam batas-batas ruang dan waktu, Komputer adalah satu produk dalam domain teknologi informasi, yang lainnya adalah modem, router, Oracle, SAP, printer, multimedia dan lain sebagainya.

Sistem informasi merupakan suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam suatu organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan aliran informasi. Dalam hal ini, teknologi informasi hanya merupakan salah satu komponen kecil saja. Komponen lainnya secara umum adalah proses dan prosedur, struktur organisasi, SDM, model-model untuk analisis, perancangan, pengendalian dan pembuatan keputusan serta database. Suatu sistem informasi yang baik, belum tentu memiliki komponen teknologi informasi, missal perusahaan skala kecil yaitu pengrajin barang tradisional untuk dieskpor yang memiliki omset miliaran. Sementara itu, computer memegang peranan penting dalam penciptaan suatu produk (missal perusahaan manufacturing yang mempekerjakan robot untuk seluruh proses perakitan). Jadi keandalan suatu Sistem Informasi terletak pada keterkaitan antar komponen yang ada, sehingga dapat dihasilkan dan dialirkan suatu informasi yang berguna (akurat, terpecaya, detail, cepat dan relevan).

Secara umum Sistem Informasi merupakan kombinasi dari orang(people), perangkat lunak (Software), jaringan komunikasi (communications networks) dan sumber data yang dihimpun, ditransformasi, dan mengalami proses pengaliran dalam suatu organisasi.

Perhatikan gambar berikut ini:


Gambar 1.3 Sumber daya sistem Informasi

3.5               Peranan Sistem Informasi dalam Bisnis
Sistem Informasi memilki 3(tiga) peran yang vital dalam suatu bisnis yaitu:
1.       Mendukung Operasi Bisnis
Pada bagian accounting, Sistem Informasi digunakan untuk mencatat order customer, menyediakan informasi bagi pihak manajemen dalam operasi bisnis yang digunakan sehari-hari. Responynag lebih cepat menjadi sangat penting, dikarenakan kemampuan sistem informasi untuk menggabung dan mengintegrasikan informasi menjadi hal yang krusial.
Sebagai contoh: kemampuan dalam mengatasi perubahan dalam item produk penjualan sebagai hasil dari pengembangan perusahaan akan mempengaruhi bagian inventori dan sistem pemesanan (ordering), dan dengan sistem informasi maka semua item akan selalu terjaga tingkat ketersediaanya.
2.       Mendukung dalam Pengambilan Keputusan
Sistem Informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu proses bisnis menjadi lebih baik, Informasi tersebut juga dapat membantu seorang manager utnuk mengindentifikasitren dan mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem Informasi membantu seorang manager agar dapat membuat keputusan dengan lebih baik, lebih cepat dan lebih banyak informasi yang dihasilkan.
3.       Meraih Keuntungan Strategik
Sistem informasi didesian untuk suatu tujuan yang strategic yang akan membatu perusahaan/organisasi dalam meraih keuntungan pasar (marketplace) yang kompetitif. Kebutuhan akan Sistem Informasi suatu organisasi dari tingkat terendah dampai tertinggi: Database Information System, Transactional Information System, Management Information System, Decicion Support System dan Executive Information System. Tiap tingkatan pemrosesan informasi bisa menggunakan data yang dihasilkan tingkatan dibawahnya atau menambah data baru, tetapi tidak dapat menggunakan data diatasnya.
Perhatikan gambar berikut ini:



Gambar 1.4 Peranan Sistem Informasi
3.6               Jenis-Jenis Sistem Informasi
Ditinjau dari aplikasinya dan penggunaan dalam berbagai bidang, sistem informasi dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
1.       Routine Processing System (RPS)
Digunakan untuk melayani berbagai kebutuhan yang telah terdefinisi dan terjadwal secara rutin.
2.       Decicion Support System (DSS)
Digunakan untuk melayani kebutuhan yang tidak dapat didefinisikan dengan baik dan biasanya terjadi pada saat perancangan.
3.       Classical Management Information System (CMIS)
Digunakan untuk melayani kebutuhan pembuatan pelaporan kegiatan yang telah terjadwal dan terdefinisi dengan baik.
4.       Real Time Information System (RTS)
Digunakan untuk melayani kegiatan yang mempunyai sifat harus direspon dengan cepat.
5.       Distributed Data Processing System (DDPS)
Digunakan untuk melayani kebutuhan yang tersebar secara geografis dengan sumber daya tersebar.
6.       Transaction Processing System (TPS)
Digunakan untuk melayani kegiatan yang bersifat transaksional yaitu membawa perubahan terhadap kondisi sistem yang ada.


Tugas Mata Kuliah Analisa Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek

Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC)
2019


Daftar Pustaka:
Kristanto, Andri . (2018). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasnya (Edisi Revisi).Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Lihat juga:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Travel Agent Recommended di Cirebon

Travel Agent Recommended di Cirebon Your Trusted Travel Partner PT. Tujuh Garis Wisata (7Lines Holiday) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang biro perjalanan wisata yang meliputi sarana wisata, objek dan daya tarik wisata dan jasa pariwisata lainnya yang berada di wilayah Indonesia dalam bentuk paket wisata. 7Lines Holiday menyelenggarakan dan menjual paket wisata, dan juga penjualan tiket pesawat. Perusahaain ini dibentuk pada tanggal 3 Januari 2014, dengan nama TUJUH GARIS WISATA. Sebagai perusahaan baru, 7Lines Holiday terus bekerja, belajar untuk meningkatkan mutu pekerjaan yang lebih baik, tepat waktu dan dengan kualitas produk yang lebih baik pula. Dan selalu berusaha untuk menciptakan pelayanan yang baik dan dapat diterima oleh semua pihak dan instansi terutama masyarakat, tentunya didukung oleh tenaga yang profesional menjadikan perjalanan kalian lebih menyenangkan dan nyaman. Alamat: Jalan Sultan Ageng Tirtayasa. Komplek Kedawung Regen

Konsep Dasar Sistem Dan Informasi

KONSEP DASAR SISTEM DAN INFORMASI Suatu sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau meyelesaikan suatu sasaran tertentu. Prosedur adalah suatu urutan operasi tulis-menulis dan biasanya melibatkan beberapa orang didalam satu atau lebih departemen yang diterapkan, untuk menjamin penanganan yang seragam dan transaksi-transaksi bisnis yang terjadi. Suatu sistem yang baik harus mempunyai tujuan dan sasaran yang tepat karena hal ini akan sangat menentukan dalam mendefinisikan masukan yang dibutuhkan sistem dan juga keluaran yang dihasilkan.   Konsep Dasar Sistem Sistem juga merupakan kumpulan elemen-elemen yang saling terkait dan bekerja sama untuk memproses masukan (input) yang ditujukan kepada system tersebut dan mengolah masukan tersebut sampai menghasilkan keluaran (output) yang diinginkan 1.1                Elemen Sistem Gambar 1.1 Elemen-elemen sistem

Rodeos Cirebon

Mohon Tunggu, Akan Mengarahkan ke whatsapp